Kabupaten Pesawaran dengan luas wilayah 117.377 Hektar, memiliki 11 Kecamatan, 148 Desa dan 809 Dusun. Topografi wilayah bervariasi antara dataran rendah dan dataran tinggi, yang sebagian merupakan daerah berbukit dengan ketinggian dari permukaan laut antara 9-162 meter.

Menurut data dari PT. PLN (Persero), rasio elektrifikasi untuk Kabupaten Pesawaran adalah sebesar 79,10 %. Peningkatan rasio elektrifikasi lebih terkendala pada dusun-dusun di daerah pegunungan dan pulau-pulau.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam mencari solusi penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan guna menjangkau seluruh desa yang ada di Kabupaten Pesawaran, Salah satunya ialah  pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat untuk Kabupaten  Pesawaran, hal itu  sangat  diperlukan  sekali, mengingat besarnnya potensi sumber energi matahari yang tersedia, tujuannya ialah dengan dibangunnya PLTS Terpusat agar masyarakat Kabupaten Pesawaran dapat menikmati fasilitas listrik sebagai penunjang peningkatan taraf hidup serta meningkatkan rasio elektrifikasi.

dan perlu diketahui bahwa saat ini di Kabupaten Pesawaran terdiri dari 148 desa, kini hanya tinggal 2 (dua) desa yang belum teraliri listrik PLN yaitu Desa Pulau Pahawang dan Desa Pulau Legundi . Untuk kategori dusun ada 75 dusun yang belum teraliri listrik PLN yang tersebar di 28  desa dan 8 kecamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here